Alfian Prasetyo: Tips makan sahur untuk puasa !


Tuesday 9 July 2013

Tips makan sahur untuk puasa !


Oke, first post dari saya .. Berhubung ini adalah bulan ramadhan ! Dan saya akan membahas tentang "Puasa".

"Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu" - Wikipedia

Sekarang sudah tau puasa itu apa ? Tapi kamu gak mau kan kalo puasa menyayangiku ? #ApaSih


Bulan puasa itu bisa ditebak munculnya .. Contohnya banyak iklan sirup di TV ! Maaf, kalo yg gak punya TV jadi gak bisa nebak.. Puasa itu adalah diet yg dapet pahala .. Jadi kalian (cewek) yg mau diet, puasanya di tambah ya ? Trus kasih sayang ke pacarnya di kurangi :)

Saya mau ngasih tips buat menu makan sahur yg sehat dan benar.. Oke, simak baik baik ya ?

pertama, utamakan air .. air putih, air teh, air on men trus juga vitamin dan elektrolit. Atau bisa disimpulkan minum air putih dan buah buahan, atau jus buah tanpa air gula. untuk yg gak tau elektrolit .. Kalian langsung aja minum air kelapa .. Nah itu namanya elektrolit. Kenapa kita harus banyak minum air ? Ketika tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik :))

kedua, Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih “tahan lama” dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik.

ketiga, Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat adalah “sapu alami” yang membantu membersihkan sisa daging di sela- usus.

keempat, Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed top one oil. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Tapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang.

Oke, segitu aja dari saya .. Ada yg mau nambahin ? Atau mau ngurangin ? Komentar di bawah aja ya :)) 

1 comments:

Unknown said...

buset dah,, keren pli.. go ahead and keep coding everywhere and everywhen :D

Post a Comment